PASOPATI TROOP

cerdas kreatif, ceria berwibawa

Saturday, October 28, 2006

RAMADHAN WITH PASOPATI

Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam sedunia. Setiap orang berlomba-lomba untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaannya terhadap Allah SWT dengan menambah kualitas dan kuantitas ibadahnya kepada Allah SWT. Begitu pula dengan PASOPATI TROOP tak ketinggalan, menjadikan momen Ramadhan ini sebagai momen untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta rasa kebersamaan sebagai keluarga besar. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14-15 Oktober 2006. Berbagai kegiatan dilaksanakan mulai pembagian takjil, tadarus, masak menu buka bersama, tarawih, dan berbagai permainan untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan.
Kegiatan ini dimulai pukul 14.00 WIB, para anggota pasopati hadir di sekolah, mereka menyiapkan segala perlengkapan dan tempat yang akan digunakan untuk kegiatan, mulai dari menyiapkan tempat untuk sholat dan tadarus, tempat untuk makan bersama, dapur umum, dan tempat untuk kegiatan permainan. Kemudian dilanjutkan dengan memasak mempersiapkan menu untuk takjil gratis dan buka bersama. Tepat pukul 16.00 WIB sebagian peserta sudah memulai kegiatan Tadarus Al Quran, secara bergiliran para peserta melantunkan kalimat-kalimat suci Al Quran sampai menjelang buka bersama tiba.
Sebagian peserta lain membagi-bagikan takjil gratis kepada para sopir dan pengendara sepeda di sepanjang Jalan R. Panji Suroso di depan Graha Pasopati SMP Ardjuna dan di perhentian lampu merah. Kegiatan ini untuk melatih jiwa sosial dan kepedulian kepada orang lain yang mungkin tidak sempat berbuka puasa ketika bedug maghrib sudah berbunyi sebagai pertanda berbuka puasa.
Setelah berbuka dilanjutkan dengan kegiatan sholat berjamaah Maghrib, Isya', dan sekaligus sholat tarawih bersama. Kegiatan ini berjalan dengan khusyu' dan khidmat. Setelah sholat tarawih dilanjutkan dengan permainan-permainan yang cukup seru. Permainan ini bertujuan agar kegiatan Ramadhan benar-benar menjadi kegiatan yang berkesan dan penuh kegembiraan sehingga bulan Ramadhan menjadi lebih semarak dan ceria. Begitu serunya permainan-permainan yang diikuti oleh para peserta hingga tak terasa kegiatan permainan ini baru berakhir pada pukul 24.00 WIB.
Akibat dari tidur yang terlalu malam ini, beberapa peserta akhirnya harus terlambat bangun pada saat sahur. Apalagi nasi yang dimasak juga sedikit terlambat matangnya, kegiatan sahur agak terlambat dan sudah mendekati waktu imsak. Beruntung tepat waktu memasuki imsak seluruh peserta sudah selesai melakukan sahur.
Selanjutnya peserta segera mengambil air wudhu untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah. Selepas shoilat subuh, beberapa peserta keluar gedung untuk menghirup udara segar pagi hari. Secara berombongan mereka berjalan-jalan ke arah perumahan Araya, melihat-lihat pemandangan dan menghirup sejuknya udara segar di pagi hari. Akan tetapi, sebagian peserta masih kelelahan karena kegiatan pada malam hari.
Kegiatan Ramadhan ini berakhir pada pukul 09.00 WIB. Semoga rangkaian kegiatan ini bisa benar-benar bermanfaat bagi anggota PASOPATI. Dan menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan suci untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, memupuk rasa sosial dan solidaritas kepada sesama, dan menjadikan bulan puasa semakin semarak serta ceria. Semoga kita masih dipertemukan dengan Ramadhan di tahun-tahun depan, Amien. (Naskh)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home